Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Pretes PPG BK Kompetensi Profesional



Soal pretes PPG BK Kompetensi Profesional adalah kumpulan soal pretes PPG yang akan menguji sejauh mana bapak/ ibu guru menguasai Bimbingan dan Konseling secara utuh. Selain kompetensi profesional, guru BK wajib menguasai kompetensi pedagogik.

Dalam pretes nanti akan ada dua jenis soal yaitu kompetensi pedagodik dan profesional. Pedagogik adalah pengetahuan umum untuk menjadi seorang guru yang meliputi teori belajar, karakter peserta didik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, desain pembelajaran, dasar komunikasi, konsep penilaian, dan pengembangan potensi peserta didik.

Sedangkan kompetensi profesional BK meliputi assesmen, program BK, pengembangan media BK, pelaporan dan evaluasi, serta pendekatan konseling. Porsi jumlah soal yang keluar pada prestes PPG nanti lebih banyak ke kompetensi profesional BK dengan perbandingan 80 : 20.

Supaya bapak/ ibu guru lolos pretes dan berhak mengikuti program pendidikan profesi guru dalam jabatan maka wajib belajar sejak dini salah satunya dengan mengerjakan soal prestes PPG BK. Soal ini dirangkum dari berbagai sumber seperti UKG BK, dan Ujian Tulis PPG BK.

Berikut ini contoh soal pretes PPG BK Tahun 2022


1. Pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling diperoleh sejumlah data kualitatif mengenai kemampuan siswa dalam self regulated learning, maka prosedur yang dilakukan dalam proses pengolahan dan analisis data adalah….
a. Deskripsi, analisis, interpretasi data, simpulan
b. Deskripsi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, simpulan
c. Kategorisasi data, validasi data, deskripsi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
d. Deskripsi data, kategorisasi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan

2. Pada layanan bimbingan dan konseling, peran media grafis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan prinsip-prinsip layanan bimbingan dan konseling, hal ini disebabkan….
a. Kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam penguasaan media grafis menjadi hard skill
b. Media grafis sebagai syarat utama dalam pengembangan media layanan bimbingan dan konseling
c. Tampilan media lebih menarik jika ditambah dengan desain grafis, tanpa mengurangi substansi isi layanan bimbingan dan konseling
d. Pada era teknologi informasi, penguasaan keterampilan desain grafis menjadi komptensi utama

3. Seorang guru telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan cesara kelompok. Secara manajemen setelah kegiatan selesai maka yang dilakukan guru BK adalah….
a. Mendokumentasi kegiatan layanan bimbingan kelompok dan hanya sebagai bahan informasi untuk guru BK
b. Merencanakan layanan bimbingan berikutnya sesuai dengan kebutuhan guru BK
c. Mendokumentasi dan melaporkan hasilnya pada pihak-pihak yang memerlukan
d. Melakukan follow up dan merencnakan konseling individual

4. Dalam konteks program bimbingan dan konseling saat ini sebagai komponen pendidikan yang berbasis konstruksi, maka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program bimbingan dan konseling diprioritaskan untuk…
a. Mengadakan penyesuaian dengan tuntutan zaman 
b. Membantu siswa-siswa menyelesaikan masalahnya 
c. Menentukan pilihan pendidikan dan karir yang rasional
d. Memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi siswa

5. Hasil analisis berikut ini cenderung membutuhkan pelayanan bimbingan pribadi-sosial…
a. Prestasi belajar 25% siswa underachiever
b. 80% siswa cemas menghadapi ujian nasional
c. Kebanyakan siswa tidak tahu akan kemana setelah lulus
d. Hampir semua siswa mengeluh akan sikap seorang gurunya

6. Disamping tes prestasi belajar, teknik asesmen yang tepat digunakan jika guru bimbingan dan konseling atau konselor hendak menentukan apakah siswa telah berprestasi sesuai dengan kemampuannya atau belum adalah…
a. Questionnaire
b. Tes inteligensi
c. Wawancara
d. Observasi

7. Pengembangan materi tugas-tugas perkembangan menjadi tanggung jawab guru BK dalam bentuk …
a. Buku paket, modul, brosur, booklet, poster
b. Observasi, survey, wawancara
c. Panduan layanan bimbingan klasikal 
d. Penelitian

8. Pada komunikasi antara konselor dan konseli, terjadi dialog berikut ini: 
Konseli : “bila saya dan Irma dapat berteman seperti dahulu, hidup saya akan lebih berarti”.
Konselor : “anda ingin Irma tahu apa yang anda harapkan saat ini”

Respon ini termasuk kategori ….
a. Refleksi pikiran/konteks (reflection of thinking)
b. Refleksi perasaan (reflection of feeling)
c. Dorongan minimal (minimal encourage)
d. Pembukaan (probing)

9. Di suatu kelas, mayoritas siswa memerlukan informasi tentang gender, maka desain layanan bimbingan dan konseling adalah….
a. Layanan responsif 
b. Layanan studi kasus
c. Layanan konseling klasikal
d. Layanan bimbingan klasikal

10. Pada skala keterampilan pro-sosial rata-rata populasi sebesar 120. Jika siswa B memperoleh skor 110, artinya …
a. Simpangan baku skor siswa B adalah 10/n
b. Keterampilan pro-sosial siswa B di bawah rerata
c. Keterampilan pro-sosial siswa B tetap sama dengan rerata
d. Keterampilan pro-sosial siswa B kategori rendah.

Jawaban: pilih opsi jawaban yang diberi garis miring dan berhuruf tebal

Soal selengkapnya silahkan download melalui link berikut ini:

Post a Comment for "Soal Pretes PPG BK Kompetensi Profesional"