Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbimbingan dan Konseling Dari Teman Sejawat
Penilaian itu penting karena untuk mengukur apakah diri kita baik di mata orang lain. Apa yang kita yakini baik belum tentu di mata orang lain juga baik, makanya perlu dinilai. Salah satu penilaian guru adalah mengisi instrumen.
Berikut ini adalah contoh instrumen Penilaian Kinerja Guru BK oleh Teman Sejawat. Artinya nanti yang akan menilai guru BK adalah temannya sendiri yang sama-sama bekerja di instansi yang sama.
Selain penilaian oleh teman sejawat, ada juga penilaian oleh peserta didik, dan penilaian oleh wali murid. Instrumen penilaian guru ini bisa dicetak langsung kemudian dibagikan kepada teman sejawat atau dibuatkan form online melalui Google Form kemudian teman sejawat tinggal mengisinya secara online.
Instrumen penilaian ini menggunakan Skala 1, 2, 3 dengan opsi jawaban Tidak Pernah, Kadang-Kadang, dan Sering. Guru BK yang mendapatkan jawaban Sering dengan bobot nilai 3 di semua instrumen maka kinerjanya sangat baik.
Baiklah, berikut ini adalah instrumen PKG BK oleh Teman Sejawat, selengkapnya silahkan baca sampai selesai.
Instrumen PKG BK Oleh Teman Sejawat
1. Guru mentaati peraturan yang berlaku di sekolah
a. Tidak Pernah
b.Kadang-Kadang
c. Sering
2. Guru bekerja sesuai jadwal yang ditetapkan
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
3. Guru berpakaian rapi dan/atau sopan
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
4. Guru rajin mengikuti upacara bendera
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
5. Guru berprilaku baik terhadap saya dan guru lain
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
6. Guru bersedia menerima kritik dan saran dari saya atau guru lain
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
7. Guru dapat menjadi teladan bagi saya dan teman-teman
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
8. Guru pandai mengendalikan diri
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
9. Guru ikut aktif menjaga lingkungan sekolah bebas dari asap rokok
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
10. Guru berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
11. Guru berpartisispasi aktif dalam kegiatan peningkatan prestasi sekolah
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
12. Guru memiliki kretivitas dalam pembelajaran
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
13. Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan Teknologi Informasi (TI) yang memadai
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
14. Guru memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
15. Guru ada di sekolah meskipun tidak mengajar di kelas
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
16. Guru memulai pembelajaran tepat waktu
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
17. Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
18. Guru memberikan tugas kepada peserta didik apabila berhalangan hadir untuk mengajar
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
19. Guru memberi informasi kepada saya atau guru lain jika berhalangan hadir untuk mengajar
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
20. Guru memperlakukan peserta didik dengan penuh kasih sayang
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
21. Guru bersikap ramah kepada saya atau orang lain
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
22. Guru berbahasa santun kepada saya atau orang lain
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
22. Guru memberi motivasi kepada saya atau teman-teman guru lain *
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
23. Guru pandai berkomunikasi secara lisan atau tertulis
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
24. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
25. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
26. Guru mudah bekerjasama dengan saya atau guru lainnya
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
27. Guru bersedia diajak berdikusi tentang segala hal terkait kepentingan peserta didik dan sekolah
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
28. Guru bersedia membantu menyelesaikan masalah saya dan guru lainnya
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
29. Guru menghargai kemampuan saya dan guru lainnya
a. Tidak Pernah
b. Kadang-Kadang
c. Sering
Post a Comment for "Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbimbingan dan Konseling Dari Teman Sejawat"