Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbimbingan dan Konseling Dari Teman Sejawat


Penilaian itu penting karena untuk mengukur apakah diri kita baik di mata orang lain. Apa yang kita yakini baik belum tentu di mata orang lain juga baik, makanya perlu dinilai. Salah satu penilaian guru adalah mengisi instrumen.

Berikut ini adalah contoh instrumen Penilaian Kinerja Guru BK oleh Teman Sejawat. Artinya nanti yang akan menilai guru BK adalah temannya sendiri yang sama-sama bekerja di instansi yang sama.

Selain penilaian oleh teman sejawat, ada juga penilaian oleh peserta didik, dan penilaian oleh wali murid. Instrumen penilaian guru ini bisa dicetak langsung kemudian dibagikan kepada teman sejawat atau dibuatkan form online melalui Google Form kemudian teman sejawat tinggal mengisinya secara online.

Instrumen penilaian ini menggunakan Skala 1, 2, 3 dengan opsi jawaban Tidak Pernah, Kadang-Kadang, dan Sering. Guru BK yang mendapatkan jawaban Sering dengan bobot nilai 3 di semua instrumen maka kinerjanya sangat baik.

Baiklah, berikut ini adalah instrumen PKG BK oleh Teman Sejawat, selengkapnya silahkan baca sampai selesai.


Instrumen PKG BK Oleh Teman Sejawat


1. Guru mentaati peraturan yang berlaku di sekolah 

a. Tidak Pernah

b.Kadang-Kadang

c. Sering


2. Guru bekerja sesuai jadwal yang ditetapkan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


3. Guru berpakaian rapi dan/atau sopan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


4. Guru rajin mengikuti upacara bendera 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


5. Guru berprilaku baik terhadap saya dan guru lain 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


6. Guru bersedia menerima kritik dan saran dari saya atau guru lain

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


7. Guru dapat menjadi teladan bagi saya dan teman-teman 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


8. Guru pandai mengendalikan diri 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


9. Guru ikut aktif menjaga lingkungan sekolah bebas dari asap rokok 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


10. Guru berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


11. Guru berpartisispasi aktif dalam kegiatan peningkatan prestasi sekolah 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


12. Guru memiliki kretivitas dalam pembelajaran

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


13. Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan Teknologi Informasi (TI) yang memadai 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


14. Guru memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


15. Guru ada di sekolah meskipun tidak mengajar di kelas

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


16. Guru memulai pembelajaran tepat waktu

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


17. Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


18. Guru memberikan tugas kepada peserta didik apabila berhalangan hadir untuk mengajar

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


19. Guru memberi informasi kepada saya atau guru lain jika berhalangan hadir untuk mengajar 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


20. Guru memperlakukan peserta didik dengan penuh kasih sayang 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


21. Guru bersikap ramah kepada saya atau orang lain 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


22. Guru berbahasa santun kepada saya atau orang lain

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


22. Guru memberi motivasi kepada saya atau teman-teman guru lain *

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


23. Guru pandai berkomunikasi secara lisan atau tertulis 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


24. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


25. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


26. Guru mudah bekerjasama dengan saya atau guru lainnya 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


27. Guru bersedia diajak berdikusi tentang segala hal terkait kepentingan peserta didik dan sekolah 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


28. Guru bersedia membantu menyelesaikan masalah saya dan guru lainnya 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


29. Guru menghargai kemampuan saya dan guru lainnya 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering

Post a Comment for "Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbimbingan dan Konseling Dari Teman Sejawat"