Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Oleh Peserta Didik


Instrumen Penilaian Kinerja Guru BK adalah alat pengumpul data untuk mengungkap kinerja guru Bimbingan dan Konseling di sekolah itu seperti apa. Dalam hal ini korespondennya adalah peserta didik/ siswa itu sendiri.

Siswa akan menilai kinerja guru BK dengan mengisi instrumen yang telah disiapkan. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran apakah pelayanan guru BK kepada siswa baik atau tidak. Setelah diketahui hasilnya, guru BK bisa merefleksikan dirinya harus berbuat apa kepada siswanya.

Instrumen PKG BK oleh Peserta Didik ini hanya sebagai contoh saja, bapak/ ibu guru bisa mengembangkan sendiri sesuai tujuan. Instrumen ini menggunakan Skala penilaian 1, 2, 3 dengan opsi jawaban Tidak Pernah, Kadang-Kadang, dan Sering.


Instrumen PKG BK Oleh Peserta Didik


1. Guru BK menggunakan instrumen tertentu untuk mengetahui kebutuhan nyata peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


2. Guru BK mensosialisasikan program BK melalui media layanan BK 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


3. Guru BK menginformasikan kegiatan layanan BK melalui layanan individu, kelompok, atau klasikal

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


4. Guru BK memberikan layanan BK sesuai dengan kebutuhan peserta didik

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


5. Guru BK memberikan layanan BK yang mendorong perubahan perilaku positif 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


6. Guru BK dalam memberikan materi layanan BK sesuai dengan perkembangan peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


7. Guru BK berusaha mengetahui kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


8. Guru BK berusaha untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan minat peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


9. Guru BK berusaha mengetahui hasil layanan BK yang diberikan kepada peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


10. Guru BK melakukan kegiatan tindak lanjut dari kegiatan layanan yang diberikan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


11. Guru BK memberikan layanan klasikal sesuai rencana atau jadwal yang telah ditetapkan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


12. Guru BK memberikan layanan BK dengan berbagai media yang menyenangkan peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


13. Guru BK memberikan layanan BK dengan metode yang bervariasi dan mudah dipahami 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


14. Guru BK memberikan layanan secara individual pada peserta didik yang membutuhkan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


15. Guru BK menjaga kerahasiaan masalah pribadi peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


16. Guru BK menerima peserta didik apa adanya 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


17. Guru BK membantu dalam menyelesaikan masalah peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


18. Guru BK mendengarkan keluhan/permasalahan yang disampaikan peserta didik

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


19. Guru BK melaksanakan layanan secara kelompok sesuai kebutuhan peserta didik

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering

20. Guru BK menyajikan berbagai tema/topik yang menarik dalam layanan BK 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


21. Guru BK memberikan layanan BK yang bermanfaat bagi peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


22. Guru BK mengelompokkan peserta didik sesuai dengan masalah yang dihadapi 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


23. Guru BK memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan BK 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


24. Guru BK berpakaian rapi sesuai aturan sekolah 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


25. Guru BK memberi contoh perilaku yang sesuai aturan/norma yang berlaku 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


26. Guru BK santun dalam berbicara 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


27. Guru BK bersikap ramah dalam menghadapi peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


28. Guru BK disiplin dalam melaksanakan tugas 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


29. Guru BK menunjukkan semangat dalam membantu peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


30. Guru BK jujur dalam bersikap dan berperilaku 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


31. Guru BK terbuka dalam menerima peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


32. Guru BK menghargai peserta didik

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


33. Guru BK berusaha mengenal peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


34. Guru BK menjaga hubungan baik dengan peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


35. Guru BK memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berprestasi 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


36. Guru BK menjadi mediator jika ada dua pihak/lebih yang mengalami ketidakcocokan 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


37. Guru BK peduli terhadap permasalahan peserta didik 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


38. Guru BK dapat bekerjasama dengan warga sekolah (Kepala sekolah, Wakasek, Guru Mapel, Guru BK lain, Wali kelas, dan Staf TU) 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering


39. Guru BK dapat bekerjasama dengan berbagai pihak terkait (misalnya : Orang Tua, Dokter, Polisi, dan Psikolog) 

a. Tidak Pernah

b. Kadang-Kadang

c. Sering

Post a Comment for "Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Oleh Peserta Didik"