Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar (SD)


Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di SD merupakan salah satu bentuk fasilitas peserta didik/ konseli agar dapat mencapai perkembangan secara optimal terlebih pada masa SD merupakan puncak anak belajar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan kognitif anak mengalami perkembangan yang pesat. 

Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar ini bertujuan untuk menjadi dasar pengembangan layanan BK yang dapat menjadi inspirasi layanan BK yang akan dilaksanakan.  Model inspiratif ini merupakan model layanan BK yang dapat mencapai capaian hasil belajar siswa secara holistik, baik dari segi kompetensi kognitif maupun nonkognitif (karakter) dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 

Eksistensi bimbingan dan konseling dapat dilihat dari irisan Capaian Layanan Bimbingan Dan Konseling dengan upaya mewujudkan kesejahteraan hidup (wellbeing), profil pelajar Pancasila dan penguatan pendidikan karakter peserta didik/ konseli. 

Sehubungan dengan hal itu, Pemerintah melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupaya menguatkan peran Layanan Bimbingan Konseling yang dijabarkan dalam bentuk model inspiratif  layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar yang dilaksanakan di satuan pendidikan. Harapannya, melalui model inspiratif layanan BK, peserta didik mampu mengaktualisasikan dirinya dan menceriminkan profil pelajar Pancasila seutuhnya. 

Modul Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar (SD) ini mencakup tentang:

  1. Pengertian dan Karakteristik Layanan Bimbingan Konseling
  2. Kriteria Peserta Didik
  3. Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
  4. Keselarasan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Satuan Pendidikan 
  5. Mekanisme dan koordinasi Layanan BK di SD
  6. Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling
  7. Rancangan dan Implementasi Layanan BK di SD 
  8. Contoh Model Implementasi Implementasi Layanan BK di SD.

Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar

Apabila Bapak/ Ibu guru BK menemui sebagian isi dari model layanan BK ada yang tidak sesuai dengan konteks yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 atau Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling (POP BK) Tahun 2016, maka silahkan dikembalikan ke Regulasi yang ada. 

 Bentuk RPL BK yang ada di dalam isi Buku Model Layanan BK ini merupakan "alternatif contoh" seperti layaknya di POP BK. Jadi boleh digunakan boleh tidak dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah sesuai dengan kreatifitas guru BK masing-masing.

Post a Comment for "Model Inspiratif Layanan BK di Sekolah Dasar (SD)"