Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nomor Rekening dan SP2D Pada Kolom Realisasi Pembayaran Tunjangan Profesi Tak Kunjung Terbit! Khusus Yang Pertama Kali Akan Menerima TPG


Hal yang sangat dinantikan oleh Bapak/ Ibu guru yang telah sertifikasi adalah menunggu pembayaran tunjangan profesi guru (TPG). Proses pengurusan TPG antara guru PNS dan non PNS tidaklah sama, untuk PNS cenderung lebih mudah sedangkan non PNS di sekolah negeri ribetnya minta ampun.

Guru yang dinyatakan lulus PPG dan telah menerima sertifikat pendidik masih harus mengajukan NRG. Memang untuk PPG dalam jabatan NRG langsung terbit, namun untuk PPG Prajabatan harus mengusulkan sendiri.

Selanjutnya menunggu status validasi tunjangan profesi apakah sudah valid atau belum. Bila statusnya valid tinggal bersabar sedikit pasti akan menerima tunjangan profesi guru per tiga bulan/ triwulan.

Kali ini Admin akan membahas apa yang harus dilakukan oleh Bapak/ Ibu guru yang pertama kali akan menerima tunjangan profesi. Karena belum memiliki rekening pembayaran pertanyaan yang sering diajukan oleh Bapak/ Ibu yang pertama kali akan menerima TPG adalah apakah rekeningnya buat sendiri atau dibuatkan oleh pemerintah.

Jawabnya dibuatkan oleh pemerintah. Bapak/ Ibu tinggal menunggu status nomor rekening dan SP2D pada Info GTK kemudian pergi ke bank untuk cetak buku rekening. Namun bila tidak sabar dan ingin bertanya ke pihak bank berikut ini penjelasannya.


Realisasi Pembayaran Tunjangan Profesi Guru

Pada halaman Info GTK silahkan drag/ geser ke bawah hingga menemukan kolom Realisasi Pembayaran dan Tunjangan seperti gambar berikut ini.

Pembayaran SKTP setiap 3 bulan sekali (per triwulan) yang nantinya akan masuk ke rekening bapak/ ibu guru. Bagi yang pertama kali akan menerima pembayaran tunjangan profesi guru prosesnya agak ribet karena harus menunggu nomor rekening, nama pemegang rekening, nama bank, dan cabang bank.


Bapak/ ibu guru perlu memperhatikan kolom status pembayaran hingga terbit Nomor SP2D dan tanggal SP2D. Pembayaran tunjangan profesi akan diberikan minimal 14 hari kerja setelah terbit SP2D.


Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Pertama Kali Akan Menerima Tunjangan Profesi?

Perhatikan status SKTP bapak/ ibu guru di Info GTK, bila status Validasi Tunjangan Profesi: Valid maka selanjutnya menuju kolom realisasi pembayaran tunjangan dan bantuan.

Yang penting SKTP terbit dulu, kemudian lihat pada kolom realisasi pembayaran dan tunjangan. Dalam hal ini ada beberapa guru yang kolom realisasinya belum muncul dan ada yang muncul namun rekening dan SP2D belum terbit.

Bapak/ Ibu guru bisa menanyakan langsung ke bank pembayaran tunjangan profesi guru, misalnya BNI. Khusus bagi yang kolom realisasi tunjangan dan bantuan tidak muncul bisa tanya pada operator dinas bank apa yang ditunjuk untuk mengurusi pembayaran tungan profesi guru.

Silahkan datang ke bank dengan membawa e-KTP dan print out Info GTK. Tanyakan pada pihak bank apakah datanya telah masuk. bila sudah masuk akan akan dicetak buku rekeningnya.

Namun bila pembayaran tunjangan profesi belum dikirimkan ke bapak/ ibu, maka hanya akan menerima buku tabungan saja dengan saldo masih kosong. Lalu kalau sudah dikirimkan maka pada saat itu juga setelah menerima buku tabungan bisa langsung diambil.


Kapan Harus ke Bank Bila No. Rekening dan SP2D Penerima Tunjangan Profesi Belum Terbit?

Hasil konsultasi dengan operator dinas, Bapak/ Ibu guru boleh menanyakan langsung ke bank dengan membawa e-KTP dan print out Info GTK. Tanya langsung di sini artinya apakah data penerima tunjangan telah sampai ke bank yang dituju, bila sudah maka bisa mencetak buku rekening dan mengaktifkan layanan bank seperti iBanking dan Mobile Banking.

Artinya Bapak/ Ibu guru tidak perlu menunggu nomor rekening dan SP2D terbit kalau hanya ingin menanyakan, namun bila ingin mengambil tunjangan profesi guru sekaligus minta buku rekening sebaiknya menunggu nomor rekening dan SP2D terbit.

Post a Comment for "Nomor Rekening dan SP2D Pada Kolom Realisasi Pembayaran Tunjangan Profesi Tak Kunjung Terbit! Khusus Yang Pertama Kali Akan Menerima TPG"