Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Tes Pedagogik Bimbingan dan Konseling Untuk Seleksi PPPK

Kompetensi pedagogik Bimbingan dan Konseling adalah kemampuan mengelola pemberian layanan bimbingan dan layanan konseling serta pengembangan konseli untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Calon guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang akan mengikuti seleksi PPPK wajib menguasai kompetensi pedagogik supaya lolos seleksi. Sebaiknya mulai sekarang persiapkan berlatih mengerjakan tes pedagogik untuk menghadapi tes seleksi PPPK yang akan diselenggarakan mulai tahun 2021.

Setiap guru honorer dimanapun mereka bekerja, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2021. Pemerintah telah menentukan kriteria ataupun syarat peserta yang berhak mengikuti seleksi PPPK. Seleksi terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Berikut ini soal pedagogik Bimbingan dan Konseling Untuk Seleksi PPPK, kunci jawaban ada pada bagian paling bawah. Bila Anda menginginkan file tes pedagogik ini bisa juga di download pada link berikut ini.

Download: Tes Pedagogik Bimbingan dan Konseling Seleksi PPPK

1. Pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling diperoleh sejumlah data kualitatif mengenai kemampuan siswa dalam self regulated learning, maka prosedur yang dilakukan dalam proses pengolahan dan analisis data adalah….

a. Deskripsi, analisis, interpretasi data, simpulan

b. Deskripsi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, simpulan

c. Kategorisasi data, validasi data, deskripsi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan

d. Deskripsi data, kategorisasi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan.

2. Pada layanan bimbingan dan konseling, peran media grafis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan prinsip-prinsip layanan bimbingan dan konseling, hal ini disebabkan….

a. Kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam penguasaan media grafis menjadi hard skill

b. Media grafis sebagai syarat utama dalam pengembangan media layanan bimbingan dan konseling

c. Tampilan media lebih menarik jika ditambah dengan desain grafis, tanpa mengurangi substansi isi layanan bimbingan dan konseling

d. Pada era teknologi informasi, penguasaan keterampilan desain grafis menjadi komptensi utama.

3. Seorang guru telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan cesara kelompok. Secara manajemen setelah kegiatan selesai maka yang dilakukan guru BK adalah….

a. Mendokumentasi kegiatan layanan bimbingan kelompok dan hanya sebagai bahan informasi untuk guru BK

b. Merencanakan layanan bimbingan berikutnya sesuai dengan kebutuhan guru BK

c. Mendokumentasi dan melaporkan hasilnya pada pihak-pihak yang memerlukan

d. Melakukan follow up dan merencnakan konseling individual

4. Dalam konteks program bimbingan dan konseling saat ini sebagai komponen pendidikan yang berbasis konstruksi, maka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program bimbingan dan konseling diprioritaskan untuk…

a. Mengadakan penyesuaian dengan tuntutan zaman 

b. Membantu siswa-siswa menyelesaikan masalahnya 

c. Menentukan pilihan pendidikan dan karir yang rasional

d. Memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi siswa

5. Hasil analisis berikut ini cenderung membutuhkan pelayanan bimbingan pribadi-sosial…

a. Prestasi belajar 25% siswa underachiever

b. 80% siswa cemas menghadapi ujian nasional

c. Kebanyakan siswa tidak tahu akan kemana setelah lulus

d. Hampir semua siswa mengeluh akan sikap seorang gurunya

6. Disamping tes prestasi belajar, teknik asesmen yang tepat digunakan jika guru bimbingan dan konseling atau konselor hendak menentukan apakah siswa telah berprestasi sesuai dengan kemampuannya atau belum adalah…

a. Questionnaire

b. Tes inteligensi

c. Wawancara

d. Observasi

7. Pengembangan materi tugas-tugas perkembangan menjadi tanggung jawab guru BK dalam bentuk …

a. Buku paket, modul, brosur, booklet, poster

b. Observasi, survey, wawancara

c. Panduan layanan bimbingan klasikal 

d. Penelitian

8. Pada komunikasi antara konselor dan konseli, terjadi dialog berikut ini: 

Konseli : "bila saya dan Irma dapat berteman seperti dahulu, hidup saya akan lebih berarti"

Konselor : "Anda ingin Irma tahu apa yang anda harapkan saat ini"

Respon ini termasuk kategori ….

a. Refleksi pikiran/konteks (reflection of thinking)

b. Refleksi perasaan (reflection of feeling)

c. Dorongan minimal (minimal encourage)

d. Pembukaan (probing)

9. Di suatu kelas, mayoritas siswa memerlukan informasi tentang gender, maka desain layanan bimbingan dan konseling adalah….

a. Layanan responsif 

b. Layanan studi kasus

c. Layanan konseling klasikal

d. Layanan bimbingan klasikal

10. Pada skala keterampilan pro-sosial rata-rata populasi sebesar 120. Jika siswa B memperoleh skor 110, artinya …

a. Simpangan baku skor siswa B adalah 10/n

b. Keterampilan pro-sosial siswa B di bawah rerata

c. Keterampilan pro-sosial siswa B tetap sama dengan rerata

d. Keterampilan pro-sosial siswa B kategori rendah

11. Guru bimbingan dan konseling menyampaikan topik materi tentang landasan etik dan kehidupan relegius di kelas X. Teknik yang tepat layanan bimbingan klasikal adalah …

a. Self regulated learning

b. Classroom meeting model

c. Problem solving

d. Moral dilemma

12. Yang merupakan kategori media layanan bimbingan klasikal adalah ..

a. Buku paket pengembangan aspek-aspek tugas perkembangan siswa

b. Modul keterampilan konseling kelompok

c. Brosur iklan lowongan pekerjaan 

d. Buku panduan masuk PTN

13. Topik bimbingan klasikal yang dikembangkan dari tugas perkembangan untuk remaja adalah ..

a. Mengembangkan peran sosial pria dan wanita yang tepat

b. Mempelajari perbedaan seks pria dan wanita 

c. Menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup 

d. Mencapai peran pria dan wanita

14. Guru bimbingan dan konseling ingin mengetahui seberapa jauh program layanan BK yang ia susun mampu memfasilitasi kebutuhan para siswa, merupakan salah satu tujuan dari …

a. Pengembangan program berdasar analisis terhadap tugas perkembangan siswa

b. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling

c. Evaluasi program bimbingan dan konseling

d. Analisis kebutuhan dari para siswa

15. Teknik bimbingan yang dilakukan dengan cara memerankan tokoh-tokoh tertentu seperti dalam drama tetapi konteknya tidak keluar dari topik yang dibahas adalah …

a. Role model

b. Role playing

c. Simulation 

d. Games

16. Salah satu kekuatan konseling kelompok adalah …

a. Adanya dinamika kelompok

b. Konselor sebagai leader

c. Munculnya empati pada anggota kelompok

d. Tanggung jawab leader dapat dilimpahkan pada anggota kelompok

17. Terdapat data prestasi belajar, inteligensi, bakat, minat, latar kehidupan keluarga, cita-cita. Keputusan yang tepat dalam memperhatikan data tersebut adalah…

a. Data hasil tes lebih akurat daripada data dari sumber lainnya.

b. Data bisa diinterpretasi menurut keamauan konselor 

c. Data memiliki kedudukan yang sama dan harus diperlakukan sama pula

d. Data menjadi bermakna bila diinterpretasikan menurut kebutuhan yang bersangkutan

18. Dalam sebuah sosiodrama di suatu kelas, respon atas permainan peran yang ditampilkan kurang positif karena dianggap melecehkan pekerjaan penarik becak, apalagi salah satu dari teman mereka, orang tuanya bekerja sebagai penarik becak. Atas proses sosiodrama ini, maka yang seyogyanya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah….

a. Mendiskusikan skenario dialog yang sudah disusun oleh kelompok yang tampil

b. Meminta kelompok yang menampilkan sosiodrama meminta maaf kepada siswa yang orang tuanya bekerja sebagai penarik becak.

c. Meminta siswa yang tidak tampil untuk memberikan masukan dan kritikan, sedangkan kelompok yang tampil mengklarifikasi atas konsep bermain peran yang mereka lakukan.

d. Meminta kepada semua siswa untuk berlapang dada karena kehilafan yang telah dilakukan kelompok penampil, apalagi hanya bermain peran bukan unsur kesengajaan.

19. Media bimbingan dan konseling merupakan sarana untuk memberikanan layanan dengan mengunakan perangkat perantara tanpa mengurangi substansi layanan, maka materi dan bahan layanan berasal dari …

a. Sumber mutakhir seperti jurnal hasil penelitian, laporan penelitian, dan isu-isu global 

b. Analisis terhadap kebutuhan informasi yang diinginkan siswa terutama menyangkut akademik, pribadi-sosial dan karir

c. Review terhadap hasil penelitian yang menurut pihak sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah, sebagai rekomendasi penting dalam meningkatkan prestasi siswa.

d. Semua materi yang bersumber dari internet menjadi refrensi utama dalam pengembangan materi untuk disiapkan melalui media bimbingan dan konseling.

20. Dalam suatu kelompok, siswa mengungkapkan pendapat bahwa orang tua , kakak, dan kakek-neneknya tidak menyukai dan marah terhadap kebiasaan merokok yang mulai ketika di bangku SMP, namun ia menikmati rokok dan tidak akan meninggalkan kebiasaan merokoknya walaupun ia juga sadar atas bahayanya. Sampai pada tahap ini, teman-teman lain dalam kelompok mengapresiasi bahwa ia telah sadar bahaya merokok. Fase dalam kelompok ini berada pada…

a. Ketidakmauan siswa untuk melakukan perubahan karena ia merasa tidak memiliki masalah.

b. Sudah ada upaya untuk berubah karena munculnya kesadaran bahaya merokok

c. Komitmen untuk meninggalkan kebiasaan merokok belum muncul walaupun ia merasa ada masalah dengan keluarganya.

d. Pengakhiran karena angota kelompok sudah menyampaikan argumentasinya atas masalah yang dihadapi oleh siswa.

21. Dasar pemikiran tentang media bimbingan dan konseling yang efektif untuk memberikan layanan informasi bagi siswa berupa…

a. Semua jenis media akan efektif jika disiapkan oleh pihak sekolah

b. Hanya media berbasis audio visual yang dianggap paling tepat

c. Apapun jenis media jika didasarkan pada kebutuhan siswa dapat dianggap efektif

d. Media sosial menjadi salah satu media yang efektif untuk memberikan informasi secara cepat dan luas.

22. Strategi penilaian paling tepat untuk mengetahui beberapa aspek psikologis siswa seperti partisipasi, antusiasme, kesungguhan hati dan toleransi adalah…

a. Tes

b. Check list

c. Observasi

d. Otobiografi

23. Kesetaraan gender dalam kehidupan sosial ditunjukkan dengan …

a. Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan

b. Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan

c. Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran

d. Menjunjung tinggi nilai-nilai kodrat laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan sosial

24. Mengenal norma norma pernikahan dan berkeluarga merupakan salah satu aspek perkembangan yang dapat dikenalkan pada siswa jenjang …

a. Mulai sekolah menengah pertama

b. Mulai sekolah menengah atas

c. Mulai perguruan tinggi 

d. Setelah memasuki dunia kerja

25. Assesmen dalam bimbingan dan konseling dimaksudkan untuk analisis kebutuhan siswa dan sekolah. Temuan tersebut akan menjadi dasar dalam …

a. Menemukan masalah siswa

b. Menentukan upaya penyelesaian masalah

c. Merancang program bimbingan dan konseling

d. Merancang calon konselor yang akan membantu

26. Aspek tugas perkembangan siswa harus difasilitasi agar berkembang sesuai dengan tugas perkembangannya. Desain utnuk memfasilitasi tugas-tugs perkembangan siswa dapat berupa layanan…

a. Bimbingan klasikal 

b. Konseling individual

c. Layanan responsif

d. Perencanaan individual

27. Seorang leader dala konseling kelompok bersikap non directive, empati, dan aktif berbicara fokus terapi pada pengalaman subyektif dengan membangun interaksi konselor-konseli hangat, terbuka, dan friendly untuk membantu mengubah perasaan cemas yang dialami, merupakan konseling kelompok dengan pendekatan…

a. Rational emotive behavior therapy

b. Person centered therapy

c. Narrative therapy

d. Solution focused

28. Tujuan penyelenggaraan bimbingan kelompok…

a. Untuk mempelajari proses menemukan diri

b. Membahas pelaksanaan bimbingan kelompok

c. Mengarahkan individu sesuai dengan keinginan orang tua

d. Memudahkan konseli mengungkapkan masalahnya

29. Berdasarkan analisis kebutuhan ada sebuah SMA diperoleh data, 80% siswa tidak ada rencana apapun setelah lulus, 15% siswa akan mengikuti program kursus dan 5% siswa memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Desain layanan bimbingan dan konseling yang tepat adalah…

a. Layanan bimbingan karir pada siswa yang sudah menentukan pilihan setelah lulus SMA

b. Konseling kelompok pada kelompok yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi

c. Pengembangan paket informasi tentang orientasi karir

d. Pengembangan media bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi 80% siswa ang belum memiliki rencana setelah lulus

30. Media bimbingan dan konseling dengan desai grafis dapat mendukung efektifitas layanan. Yang termasuk media yang dapat disampaikan melalui media grafis adalah…

a. Poster, booklet, brosur, makalah

b. Internet

c. Blogging, chat room, media sosial

d. Poster, booklet, brosur

31. Penghargaan konselor secara positif tanpa syarat terhadap konseli dikenal dengan…

a. Positive regard

b. Unconditional regard

c. Conditional positive regard

d. Unconditional positive regard

32. Guru bimbingan dan konseling ingin meningkatkan kemampuan empati pada siswa namun belum mempunyai metode yang tepat maka penelitian yang menjadi prioritas adalah melakukan penelitian..

a. Penelitian korelasional

b. Penelitian tindakan

c. Penelitian survey

d. Eksperimen


Kunci Jawaban

1. D

2. C

3. C

4. D

5. D

6. B

7. A

8. A

9. D

10. B

11. D

12. A

13. A

14. C

15. B

16. C

17. D

18. C

19. B

20. B

21. C

22. C

23. C

24. B

25. C

26. B

27. B

28. A

29. C

30. D

31. D

32. B.


Download: Tes Pedagogik Bimbingan dan Konseling Seleksi PPPK

Post a Comment for "Latihan Tes Pedagogik Bimbingan dan Konseling Untuk Seleksi PPPK"