Ayo Daftar Sebagai Guru Penggerak Untuk Memajukan Pendidikan Indonesia

Di awal tahun 2020 ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai gebrakan baru di dunia pendidikan yaitu Guru Penggerak. Melalui program ini Kemdikbud akan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.

Tagline dari Guru Penggerak adalah Indonesia maju wujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Mudah-mudahan dengan keikut sertaan Anda dalam program ini bisa mewujudkan pendidikan Indonesia maju sesuai yang telah dicita-citakan bersama.

Kemdikbud akan mengajak organisasi penggerak dan para relawan untuk merealisaikan program Guru Penggerak yang lowongannya masih dibuka hingga saat ini. Adan dua jenis partisipasi ikut Guru Penggerak yaitu Organisasi Penggerak dan Relawan.

Organisasi penggerak terdiri dari beberapa anggota yang tergabung dalam organisasi kemudian mengajukan proposal kegiatan kepada Kemdikbud. Organisasi yang terpilih bakal mengikuti Forum Organisasi Penggerak yang diselenggarakan Kemdikbud dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Namun bila tidak punya organisasi bisa berpartisipasi sebagai relawan Penggerak melalui link berikut ini Daftar Sebagai Relawan Penggerak

Beberapa keahlian yang dibutuhkan dalam Guru Penggerak adalah:
  1. Narasumber/ instruktur
  2. Konsultan Ahli
  3. Video Grafer
  4. Reporter
  5. Manajemen Proyek
  6. Jaminan Mutu
  7. Fasilitator/ Mentor
  8. Publikasi Media
  9. Fotografer
  10. Teknisi/ Ahli IT
  11. Peneliti
  12. Penulis Modul Pembelajaran.
Tertarik ingin jadi relawan pendidikan melalui Guru Penggerak silahkan daftar di sini:

Kemendikbud menganggarkan dana lebih dari Rp 25 miliar untuk mendukung ormas yang terpilih dalam program Organisasi Penggerak periode 2020-2022. Skema dukungan biaya dari Kemendikbud untuk ormas (selanjutnya disebut Organisasi Penggerak) berbeda di setiap kategori dan akan diawasi. Program Organisasi Penggerak diharapkan membantu menginisiasi Sekolah Penggerak yang idealnya memiliki empat komponen:
  1. Pertama, Kepala Sekolah memahami proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar
  2. Kedua, Guru berpihak kepada anak dan mengajar sesuai tahap perkembangan siswa
  3. Ketiga, siswa menjadi senang belajar, berakhlak mulia, kritis, kreatif, dan kolaboratif (gotong royong)
  4. Keempat, terwujudnya Komunitas Penggerak yang terdiri dari orang tua, tokoh, serta organisasi kemasyarakatan yang diharapkan dapat menyokong sekolah meningkatkan kualitas belajar siswa.

0 Response to "Ayo Daftar Sebagai Guru Penggerak Untuk Memajukan Pendidikan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel