Evaluasi Program: Tujuan, Fungsi, Karakteristik, dam Pendekatan

Untuk mengetahui keberhasilan dan ketercapaian program Bimbingan dan Konseling perlu diadakan evaluasi. Yang menentukan berhasil tidaknya sebuah program tergantung dari penyelenggaranya juga dalam hal ini kalau berkaitan dengan bimbingan dan konseling berarti konselor itu sendiri.

Untuk itu sasaran evaluasi yang baik tertuju pada proses pelaksanaan program dan personel. Berikut ini adalah jabaran evaluasi program bimbingan dan konseling, silahkan baca dan resapi supaya pengetahuan kita tentang evaluasi bertambah.

Mengapa Evaluasi Program Itu Penting?

  1. Evaluasi sebagai kegitan penting dalam menjaga akuntabilitas program
  2. Pemberian balikan atasa pelakasanaan program
  3. Perbaikan program
  4. Memberi pendapat efisiensi dan efektivitas dari segala usaha untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan standar atau kriteria sebagai patokan.

Metode Evaluasi

Metode penyelidikan dan pengambilan keputusan yang dilakukan dengan:
  1. Menentukan standar
  2. Mengumpulkan informasi yang relevan
  3. dan mengaplikasikan standar untuk menentukan nilai, kualitas, utilitas dan efektifitas program.

Tujuan Evaluasi

  1. Menyampaikan keputusan tentang nilai dari obyek yang dievaluasi
  2. Memberikan informasi dalam rangka perbaikan program
  3. Mendorong dialog bermanfaat
  4. Memberi gambaran pengetahuan tingkat kesempurnaan program dan pelaksanaanya
  5. Memperbaiki dan meningkatkan (evaluasi fromatif)
  6. Menyampaikan keputusan (evaluasi sumatif) > pengambilan keputusan.

Fungsi Evaluasi

  1. Mengetahui kecapaian tujua/ kompetensi secara komprehensif
  2. Umpan balik untuk mengadakan perbaikan
  3. Menentukan ngka kemajuan
  4. Keberhasilan program/ keberhaslan proses belajar.

Karakteristik Evaluasi Sumatif

  1. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan
  2. Menyakan apa hasilnya, berapa biayanya, apa metodenya, dalam kondisi seperti apa, siapa pelakuknya
  3. Tjuan pengumpulan data adalah dalam rangka pengmabilan keputusan
  4. Frekuensi pengumpulan data lebih jarang dilakukan dan skala ruang limgkup lebih besar atau luas.

Macam-Macam Pendekatan Model Evaluasi

  1. Pendekatan evaluasi berorientasi tujuan
  2. Pendekatan evaluasi manajemen
  3. Pendekatan evaluasi berorientasi konsumer
  4. Pendekatan evaluasi berorientasi keahlian
  5. Pendekatan evaluasi berorientasi partisipan.

Evaluasi Perseonel

Prosedur yang digunakan untuk memenuhi keefektifan kinerja konselor berdasarkan kerangka program bimbingan dan konseling komprehensif di sekolah.

Standar: standar perfomansi konselor dijadikan sebagai tolak ukur perbandingan yang mencakup lingkup pekerjaan konselor dalam bentuk program komprehensif.


Evaluasi Program

Prosedur yang digunakan untuk menentukan tingkat kesesuaian dan keberfungsian program bimbinan dan konsleing komprehensif.

Standar: Standar yang menunjukan representasi keberfungsian program bimbingan dan konseling komprehensif diletakkan pada skala (rentangan 5-6, atau 7) poin pada tiap kriteria.


Hasil Evaluasi Program BK Yang Diharapkan

  1. Evaluasi personel: kualitas personel
  2. Evaluasi program: kesesuaian dan keberfungsian
  3. Evaluasi hasil: dampak layanan BK.

0 Response to "Evaluasi Program: Tujuan, Fungsi, Karakteristik, dam Pendekatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel