Surat Edaran Mendikbud Tentang Penyederhanaan RPP


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem terus memperbaiki carut-marutnya sistem pendidikan yang ada di Indonesia salah satunya dengan penyederhanaan RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran).

Sebelumnya guru mengeluh karena disibukkan menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP daripada mempersiapkan materi dan media belajar untuk siswanya. Keluh kesah para pendidik ini akhirnya didengar Nadiem Makariem.

Penyederhanaan RPP menjadi trending topik kedua setelah wacana penghapusan Ujian Nasional (UN). Bukti penyederhanaan RPP dengan dikeluarkan Surat Edaran Resmi Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Dasar pertimbangan penyederhanaan RPP adalah guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Penyederahanaan RPP menggunakan prinsip efisien, efektif, dan beorientasi pada murid. Maksudnya adalah:
  1. Efisien berati penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu luang
  2. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
  3. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertiban, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Selengkapnya silahkan download dan baca penjelasan SE Mendikbud Tentang Penyederhanaan RPP melalui link berikut ini.

0 Response to "Surat Edaran Mendikbud Tentang Penyederhanaan RPP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel