Contoh Penyederhanaan RPP SD Sesuai SE Kemdikbud No. 14 Tahun 2019

Pada artikel sebelumnya telah dibagikan format penyederhanaan RPP berdasarkan Surat Edaran Resmi Kemendikbut No. 14 Tahun 2019. Sekarang tinggal mengembangkan format tersebut sesuai bidang keilmuan masing-masing. Melalui postingan ini, admin akan membagikan contoh penyederhanaan RPP untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Namun sebelum menuju tahap pembahasan alangkah baiknya kita pahami dulu kenapa Kemendikbud menyederhanakan RPP.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyederhanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru. Kini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

Baca: Format Penyederhanaan RPP dari Kemendikbud

RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi. Namun, selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru karena bisa sampai 20 halaman. Dari RPP itu, guru bisa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain dapat memperbaiki kinerjanya di kemudian hari.

Penerapan Kurikulum 2013 menyebabkan perubahan kompetensi dasar dan metode pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang menggunakan metode tematik integratif. Materi yang dipelajari kaitkan dengan sebuah tema, sistem mata pelajaran tidak begitu terlihat. Dalam Kurikulum 2013 setiap kelas disediakan beberapa tema yang memiliki 3-4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran.

Berikut ini adalah cuplikan contoh penyederhanaan RPP SD, selengkapnya bisa Anda download dan lihat melalui link yang dibagikan diakhir artikel ini.
Contoh Penyederhanaan RPP SD Sesuai SE Kemdikbud No. 14 Tahun 2019

Download Contoh Penyederhanaan RPP SD Sesuai SE Kemdikbud No. 14 Tahun 2019

0 Response to "Contoh Penyederhanaan RPP SD Sesuai SE Kemdikbud No. 14 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel