Daftar Perguruan Tinggi Yang Membuka PPG Prajabatan BK Tahun 2019


PPG Prajabatan pertama kali diperkenalkan kepada publik melalui program SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Mereka yang ikut program SM3T mendapatkan beasiswa PPG selama 1 tahun penuh yang diselenggarakan oleh LPTK seperti Universitas Negeri Malang dan beberapa perguruan tinggi lain yang telah siap dan bekerjasama dengan dikti.

Selain melalui PPG SM3T ada program PPG SMK Kolaboratif dan yang terakhir adalah beasiswa PPG. Semua program tersebut boleh diikuti oleh mereka yang belum pernah menjabat atau prajabatan.

Kabar baiknya di tahun 2019 ini pemerintah melalui Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan surat edaran tentang Penetapan Penyelenggaraan PPG Prajabatan 2019.

Surat dengan nomor B/907/B2.2/PB.05/2019 berisi tentang daftar perguruan tinggi yang menyelenggarakan PPG Prajabatan dan daftar Bidang Studi. Untuk Bimbingan dan Konseling ada 2 perguruan tinggi yang siap menyelenggarakan PPG BK yaitu Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Katolik Atmajaya.

Untuk Universitas Ahmad Dahlan kuota PPG Prajabatan BK hanya 50, sedangkan di Universitas Katolik Atmajaya juga 50. Artinya kompetisi memperebutkan bangku PPG sangat sulit dan Anda harus menjadi pendaftar pertama supaya bisa ikut PPG.

Informasi selengkapnya mengenai PPG Prajabatan 2019 bisa Anda download melalui Surat Direktur Pembelajaran Kemenristekdikti No B/907/B2.2/PB.05/2019.


Informasi awal pendaftaran PPG Prajabatan biaya mandiri

Bagi yang berminat mengikuti PPG Prajabatan dengan biaya mandiri, pendaftaran dibuka pada tanggal 1-11 Nopember 2019 di laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id.

Persyaratan Umum Daftar PPG Prajabatan

  1. Lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dengan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) minimal B dan dari program studi terakreditasi minimal B
  2. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran
  3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG
  4. Terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).


Seleksi  PPG Prajabatan, Meliputi

  1. Seleksi Administratif
  2. Seleksi Akademik
  3. Seleksi Bakat Minat Kepribadian dan Panggilan Jiwa.


Download: Surat Penetapan LPTK dan Lampiran Kuota PPG Prajabatan 2019

Demikianlah informasi tentang daftar Perguruan Tinggi yang membuka PPG Prajabatan untuk bidang studi Bimbingan Konseling semoga bermanfaat untuk Anda khususnya rekan BK. Selain bidang studi BK, Anda bisa melihatnya di Surat Penetapan LPTK dan Lampiran Kuota PPG Prajabatan 2019 yang telah dibagikan di atas.

0 Response to "Daftar Perguruan Tinggi Yang Membuka PPG Prajabatan BK Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel