Pertama Kalinya LPTK Menyelenggarkan PPG Prajabatan Untuk Umum, Buruan Daftar


Baru di tahun 2019 ini Kemristek Dikti dan LPTK menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru yang bisa diikuti oleh mereka yang belum menjabat atau belum bekerja sebagai guru. Sebelumnya telah ada PPG SM3T, PPG SMK Kolaboratif, dan Beasiswa PPG namun ketiga program tersebut sekarang sudah dihentikan.

Tentu ini merupakan kesempatan terbaik bagi adik-adik yang baru lulus S1 Kependidikan dan bpk/ ibu guru yang telah bekerja sebagai guru namun tidak sabar menunggu giliran kapan ikut PPG sebaiknya langsung daftar. Pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2019 ini dimulai pada tanggal 1 - 11 November di laman resmi Dikti yang beralamatkan di laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id.

Berdasarkan surat edaran resmi yang dikeluarkan Ristekdikti dengan nomor B/907/B2.2/PB.05/2019 tentang Penetapan Penyelenggaraan PPG ada 63 Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta yang siap menyelenggarakan PPG.
Cuplikan Penetapan Penyelenggaraan PPG, selengkapnya download di sini.
Download via Google Drive

Daftar Perguruan Tinggi apa saja yang membuka PPG Prajabatan biaya mandiri bisa Anda lihat pada lampiran Penetapan Penyelenggaraan PPG tahun 2019. Yang pasti kuota PPG Prajabatan ini sangat terbatas untuk masing-masing bidang studi, untuk itu buruan daftar supaya mendapatkan kursi PPG.

Pendidikan Profesi Guru ditempuh selama 1 tahun penuh dimana I semester untuk workshop dan pendalaman materi dan semester II praktik dilapangan. Diakhir PPG ada Ujian Tulis Nasional (UTN) dan menyusun laporan PTK.

Mereka yang telah dinyatakan lolos maka berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan gelar profesi guru (.gr), berbeda dengan PLPG dan PPG dalam jabatan yang cuma ditempuh 3 bulan.

Persyaratan Umum Daftar PPG Prajabatan

  1. Lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dengan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) minimal B dan dari program studi terakreditasi minimal B
  2. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran
  3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG
  4. Terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).


Seleksi  PPG Prajabatan, Meliputi

  1. Seleksi Administratif
  2. Seleksi Akademik
  3. Seleksi Bakat Minat Kepribadian dan Panggilan Jiwa.

0 Response to "Pertama Kalinya LPTK Menyelenggarkan PPG Prajabatan Untuk Umum, Buruan Daftar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel