Kisi-Kisi SKD CPNS 2019, Semoga Jadi PNS

Mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat diperlukan karena tanpa persiapan yang matang mustahil lolos tes PNS. Untuk itu melalui tulisan ini dibagikan kisi-kisi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS 2019 - 2020.

Kenapa kok 2019 - 2020? karena pelaksanaan rekrutmennya dimulai dari bulan November 2019 hingga Januari 2020. Mereka yang telah daftar CPNS masih mempunyai banyak waktu untuk belajar. 

Belajar menghadapi tes CPNS bisa dimulai dari berlatih mengerjakan soal-soal yang tersedia gratis di internet maupun membeli buku Latihan Tes CPNS. Namun menurut admin belajar yang tepat harus sesuai kisi-kisi CPNS yang telah ditetapkan Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca: Passing Grade (Nilai Ambang Batas Minimal) CPNS 2019

Kisi-kisi merupakan rambu-rambu materi yang akan keluar pada tes CPNS nanti, jangan sampai Anda belajar menyimpang jauh dari kisi-kisi karena hanya memakan waktu dan nggak bakal muncul dalam tes nanti.

Setiap ada seleksi CPNS maka kisi-kisinya selalu berubah biasanya disesuaikan dengan isu-isu yang lagi viral saat ini. Kemenpan sendiri telah mengeluarkan kisi-kisi SKD CPNS 2019 - 2020 yang dapat dilihat dan dibaca pada Permen PAN RB 23/ 2019.

Kisi-kisi tes CPNS

Seleksi kompetensi dasar terdiri dari 3 bagian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut ini adalah jabaran kisi-kisi SKD berdasarkan Permen PAN RB 23/ 2019.

Tes Wawasan Kebangsaan, terdiri dari:
  1. Nasionalisme
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara
  5. dan Bahasa Indonesia.
Tes Intelegensia Umum, terdiri dari:
  1. Kemampuan Verbal
  2. Kemampuan Figural
  3. Kemampuan Numerik.
Tes Karakteristik Pribadi, terdiri dari
  1. Pelayanan Publik
  2. Jejaring Kerja
  3. Sosial Budaya
  4. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  5. Profesionalisme.
Selengkapnya silahkan download Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 - 2020 melalui link berikut ini: Download via Google Drive

0 Response to "Kisi-Kisi SKD CPNS 2019, Semoga Jadi PNS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel