Rincian Hari Efektif Sekolah, Fakultatif, dan Libur Tahun 2019

Berdasarkan keputusan kepala dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur No: 884/2697/101.1/2019 telah diumumkan rincian Kalender Pendidikan tahun 2019. Kalender ini menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dimana terdiri dari hari efektif, hari fakultatif, dan hari libur sekolah. Selain mengenai hari libur juga dijabarkan secara rinci jadwal pelaksanaan ujian tengah semester, ujian kenaikan kelas, dan ujian nasional.

Setiap pendidik/ guru wajib mempunyai kalender pendidikan sebagai pedoman pelaksanaan pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Terkadang kalender yang dikeluarkan oleh instansi/ lembaga keagamaan berbeda dengan kalender nasional yang berlaku secara umum.

Misalnya mengenai libur hari raya Idul Adha tahun 2019 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus. Ada kalender yang menunjukkan bahwa pada hari Senin tanggal 12 Agustus warnanya merah yang berarti masih libur Idul Adha.

Bagi anak usia sekolah yang dirumahnya ada perbedaan warna pada kalender otomatis mengira kalau tanggal 12 juga libur padahal kalau mengacu pada kalender pendidikan yang berlaku nasional masuk sekolah. Jika ada wali murid/ siswa bertanya tentang hari libur tersebut, guru harus menjawab dengan berpedoman pada kalender pendidikan.



Rincian Hari Efektif Sekolah, Hari Efektif Fakultatif dan Hari Libur Sekolah/ Madrasah di Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2019/ 2020


Rincian selengkapnya silahkan simak kalender pendidikan provinsi Jawa Timur berikut ini.


Kalender Nasional Tahun 2019


Download Rincian Hari Efektif Sekolah, Hari Fakultatif, dan Hari Libur Tahun 2019

0 Response to "Rincian Hari Efektif Sekolah, Fakultatif, dan Libur Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel