Mengenal Macam-Macam Teknik Bimbingan Kelompok

Macam-Macam Teknik Bimbingan Kelompok

Teknik merupakan cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Teknik dapat pula dipandang sebagai prosedur dalam pencapaian tujuan. Dalam konteks bimbingan dan konseling, teknik dipandang sebagai suatu cara ataupun prosedur sistimatis dalam melaksanakan layanan bimbingan. Penggunaan teknik tertentu akan mengikuti langkah-langkah tertentu pula sesuai dengan teknik yang digunakan.Teknik juga dipandang sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan bimbingan.

Terdapat berbagai macam teknik bimbingan kelompok yang dapat digunakan oleh guru pembimbing/ konselor dalam memberikan pelayanan kepada konseli. Teknik-teknik tersebut bisa jadi sama dengan teknik yang digunakan oleh para guru dalam proses pembelajaran yang mendidik, terutama ketika melaksanakan layanan yang berbasis klasikal.

Meski teknik yang digunakan bisa  jadi sama, tetapi tetap memiliki karakteristik yang khas ketika teknik tersebut digunakan dalam pelayanan bimbingan. Dalam menentukan teknik mana yang akan digunakan sebagai alat dalam memberikan pelayanan bimbingan, maka konselor perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Tujuan, pemilihan teknik hendaknya mempertimbangkan  tujuan bimbingan yang hendak dicapai
  2. Materi, apa materi yang akan disampaikan kepada konseli, menentukan teknik yang akan digunakan, materi tersebut apakah berupa konsep, generalisasi, pengenalan nilai-nilai ataukah suatu keterampilan yang akan diajarkan kepada konseli
  3. Pemilihan teknik  hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi riel yang ada di lapangan. Realitas yang perlu dilihat seperti sarana dan prasarana yang tersedia, kesempatan, waktu dalam arti kapan layanan itu dilaksanakan dan seberapa lama durasi waktu yang tersedia
  4. Sasaran, pemilihan teknik hendaknya juga mempertimbangkan karakteristik dari sasaran atau konseli yang akan diberi pelayanan.

Macam-macam Teknik Bimbingan Kelompok

Terdapat beberapa macam teknik yang dapat digunakan dalam bimbingan kelompok antara lain yaitu teknik ekspositori, diskusi kelompok, permainan peranan, permainan simulasi, homeroom, karyawisata, problem solving, game atau permainan kelompok dan sebagainya. Namun dalam tulisan ini hanya  membahas  beberapa teknik bimbingan kelompok saja yang kemungkinan besar dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam  melaksanakan pelayanan bimbingan. Teknik bimbingan kelompok tersebut adalah:
  1. Teknik Ekspositori Dalam Bimbingan Kelompok
  2. Teknik Diskusi Kelompok Dalam Bimbingan
  3. Teknik Permainan Peranan (Roleplaying)
  4. Teknik Permainan Simulasi Dalam Bimbingan Kelompok
  5. Teknik Permainan Kelompok Dalam Bimbingan
  6. Teknik Homeroom Dalam Bimbingan Kelompok.

0 Response to "Mengenal Macam-Macam Teknik Bimbingan Kelompok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel