Pohon Keluarga Dalam Bimbingan dan Konseling

Pohon Keluarga

Dalam bimbingan dan konseling, metode mengungkap data konseli itu banyak sekali salah satunya adalah melalui Pohon Keluarga. Mungkin selama ini rekan konselor hanya tahu pohon karir saja namun ada juga lo yang namanya pohon keluarga.

Metode ini didapatkan ketika mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Malang. Guru Saya Dr. Dany M. Handarini, MA memberikan materi tentang Pohon Keluarga yang masih diingat sampai sekarang.

Rekan konselor yang pernah menimba ilmu di sana mungkin pernah mendapatkan materi ini jadi ketika membaca artikel ini diharapkan bisa memberikan saran dan masukan.

Pengertian Pohon Keluarga

Pohon keluarga adalah metode untuk mengetahui jumlah data keluarga dari konseli. Petunjuk pengerjaannya adalah setiap konseli diharuskan menggambar pohon keluarga dengan menggambarkan jumlah anggota yang masih hidup atau ada.

Hasil dari pohon keluarga bisa digabungkan dengana assessment lain, dari situlah nantinya data si konseli dan keluarga bisa diungkap. Konseli diberi instruksi menceritakan dengan apa yang ia gambar tentang pohon keluarga.

Konseli tidak diharuskan menguasai teknik gambar yang bagus, yang penting bisa mendeskripsikan keluarga melalui pohon keluarga sudah cukup.


Manfaat Pohon Keluarga

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sebenarnya pohon keluarga adalah metode untuk mengungkap keluarga konseli. Pemberian materi bimbingan ini bisa dilalukan pada saat memberikan layanan klasikal maupun bimbingan kelompok.

Demikianlah informasi mengenai pohon keluarga, semoga bermanfaat untuk rekan konselor di seluruh Indonesia.

0 Response to "Pohon Keluarga Dalam Bimbingan dan Konseling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel