Pohon Impian Dalam Bimbingan Konseling (BK)

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal pohon karir dalam bimbingan dan konseling, ternyata selain itu masih banyak pohon-pohon lain yang bisa mengungkap keinginan siswa. Pohon tersebut dinamakan pohon impian.

Melalui pohon impian inilah siswa bisa mendeskripsikan impian di masa yang akan datang dalam bentuk gambar pohon. Sebenarnya sih mengetahui keinginan siswa bisa melalui angket dan auto biografi, namun melalui pohon impian siswa bisa mengekspresikannya secara bebas.

Rencana hidup untuk tahun berikutnya, impian setelah lulus sekolah, menikah bisa digambarkan melalui pohon impian. Jadi tugas guru bimbingan dan konseling adalah memberikan instruksi kepada para peserta didik atau siswa untuk menggambarkan impiannya.

Pohon Impian 
Pohon Impian yang dibuat oleh siswa

 
Pohon Impian dalam bimbingan dan konseling

Hasil pohon impian yang digambar bisa digabungkan dengan hasil assessment lain sehingga untuk sekolah lanjutan dan karir siswa tersebut mempunyai gambaran masa depan. Tidak ada patokan atau pedoman untuk menggambar pohon impian, yang terpenting adalah siswa bisa menyebutkan impiannya melalui gambar pohon.

Baca: Pohon Keluarga Dalam Bimbingan dan Konseling

0 Response to "Pohon Impian Dalam Bimbingan Konseling (BK)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel