Kelebihan dan Kelemahan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Kelebihan dan Kelemahan PTK

Dalam banyak tulisan disebutkan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian terlemah. Kelemahan ini tentu bisa diatasi dengan melakukan penelitian dengan prosedur baku. Namun, akhir-akhir ini penelitian tindakan juga dipandang sebagai kegiatan professional.

Bakhan dilakukan juga dikalangan mahasiswa calon doctor dalam penelitian disertasinya. Setidaknya ada dua kelebihan PTK, yaitu menumbuhkan rasa memiliki, bahwa apa yang dilakukan sebagai tindakan bimbingan dan konseling sebagai bagian dari pribadi konselor, bukan sekedar melaksanakan tugas belaka.

Dan yang kedua, mendorong kreativitas dan inovasi menuju perubahan, bahwa hasil refleksi atas tindakan BK dipergunakan untuk mengadakan perbaikan tindakan BK berikutnya menuju ke arah pelayanan prima. Kelebihan tersebut harus mendapatkan dukungan  dimana guru bimbingan dan konseling mengakui kekurangan diri, ada kesempataan untuk berinovasi, saling percaya, cukup waktu dan pengetahuan.

Sebaliknya, PTK juga mengandung kelemahan yang harus diatasi, antara lain umumnya praktisi kurang berpengalaman, ini alasan klasik karena biasanya praktisi mau melakukan kegiatan kalau ada manfaat langsung bagi dirinya, bukannya manfaatbagi peserta didik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan dan Kelemahan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel