Format Penilaian Pelaksanaan Lesson Study


Lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Secara sederhana Lesson Sudy dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh sekelompok guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

Lesson study berbasis sekolah merupakan kegiatan lesson study yang dilaksanakan oleh semua guru untuk semua mata pelajaran dan  kepala sekolah  di suatu sekolah, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa menyangkut semua bidang studi yang diajarkan.

Lesson Study dilaksanakan dalam tiga tahapan  yaitu Plan (merencanakan), Do (melaksanakan), dan See (merefleksi) yang berkelanjutan. Dengan kata lain Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan yang tak pernah berakhir (continous improvement).

Pelaksanaan Lesson Study harus ada yang menilai dengan begitu bisa diketahui kekurangan dari cara mengajar, dan materi yang diberikan ke siswa. Bicara tentang penilaian berikut ini ada format penilaian pelaksanaan Lesson Study.

Silahkan download format penilaian ini kemudian cetak. Kini sekarang Anda siap menilai rekan guru yang meyelenggarakan Lesson Study dan begitu juga sebaliknya secara bergantian.

Format Penilaian Pelaksanaan Lesson Study terdiri dari:
  1. Berita acara pelaksanaan lesson study
  2. format daftar hadir observer
  3. format observasi pembelajaran dalam kegiatan lesson study
  4. Lembar observasi pembelajaran dalam kegiatan lesson study
  5. Lesson learned report
  6. Format penilaian kompetensi personal dan sosial
  7. Rekap penilaian kompetensi personal dan sosial.

Download semua format penilain tersebut melalui link berikut ini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Format Penilaian Pelaksanaan Lesson Study"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel