Cara Menulis Gelar Guru Profesi (.Gr) Yang Benar

Guru profesi dengan gelar Gr

Mungkin hanya sedikit orang yang mendapatkan gelar guru profesi (Gr), ia adalah alumni program mengajar di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terbelakang) dan mendapatkan beasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama 1 tahun.

Guru profesi yang memiliki sertifikat pendidik dari jalur Portofolio maupun PLG tidak diberikan gelar layaknya PPG Pasca SM3T. Bahkan yang mengikuti PPG dari jalur beasiswa maupun tes sekarang juga tidak mendapatkan gelar Gr.

Terbatasnya pemberian gelar Gr menjadikan alumni SM3T yang telah lulus PPG menjadi sangat spesial, namun sayangnya program yang dirintis tahun 2011 yang lalu ditutup tahun 2016. Alumninya ada yang telah menjadi PNS di daerah 3T dan adapula yang masih honorer.

Gelar adalah wujud penghargaan dengan apa yang ia tempuh selama mengikuti studi di perguruan tinggi. Bicara tentang gelar guru profesi, berikut ini panduan menuliskan gelar yang benar. Kenapa ini penting, karena banyak yang keliru menuliskannya.

Panduan Menulis Gelar Gr (Guru Profesi)

Menurut ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) penulisan gelar ditulis dibelakang nama. Sperti Dini Prihartini, S.Pd, bila menempuh S2 maka akan melebur menjadi Dini Prihartini, M.Pd. Kesalahan kerap kali dilakukan bagi guru yang telah menyandang gelar Gr dengan menuliskan gelar Gr dibelakang gelar S1/ S2, seperti Dini Prihartini, S.Pd, Gr.

Bila merujuk pada aturan baru yang tersurat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG), gelar tersebut akan diletakan di belakang nama lengkap guru yang bersangkutan. Misalnya Dini Prihartini, Gr, S.Pd

Gelar atau Titel Gr akan diberikan kepada guru yang telah lulus pada program PPG, yaitu sebuah program yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Lama program ini dihitung berdasarkan beban belajar sesuai dengan pendidikan yang diajar oleh peserta PPG, yang pada akhirnya Lembaga ini berwenang untuk menerbitkan sertifikasi profesi guru.

0 Response to "Cara Menulis Gelar Guru Profesi (.Gr) Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel