9.11.18

Kisi-Kisi Tes CPNS Sesuai Permenpan No. 36 Tahun 2018

Aturan dan tata cara seleksi CPNS terbaru merujuk pada Permenpan No. 36 Tahun 2018, kalau ada Permenpan baru secara otomatis tidak berlaku lagi. Salah satu isi dari Permenpan No. 36 Tahun 2018 adalah Kisi-Kisi Tes CPNS.

Jumlah soal yang keluar pada tes ada 100 soal yang terbagi menjadi 3 yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi. Jumlahnya juga tidak sama, untuk TWK biasanya ada 35, TIU 30, dan TKP 35.

Kisi-Kisi Tes CPNS adalah materi yang akan keluar pada tes CPNS. Kementerian Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi mengeluarkan kisi-kisi pada garis besarnya saja dan perlu dijabarkan sendiri menjadi beberapa variabel.

Dengan adanya Kisi-Kisi Tes CPNS dapat dijadikan panduan belajar supaya tidak kemana-mana, intinya fokus pada materi yang akan keluar pada tes nanti. Baiklah berikut ini adalah Kisi-Kisi Seleksi CPNS berdasarkan Permenpan No. 36 Tahun 2018.

Kisi-Kisi Tes CPNS Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan untuk menguji kemampuan dalam memahami sejarah bangsa terutama yang berhubungan dengan Pancasila dan UUD 1945. Soal-soal yang keluar lebih kepada pemahaman dan penerapan Sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Soal jenis lama seperti lahirnya BPUPKI dan PPKI sudah tidak ada lagi. Berikut ini adalah Kisi-Kisi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK):
  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. NKRI
  5.  Nasionalisme
  6. Integritas
  7. Bela Negara
  8. Pilar Negara
  9. Bahasa Indonesia.

Kisi-Kisi Tes CPNS Intelegensi Umum

Tes Intelegensi Umum adalah tes untuk mengukur kemampuan calon Aparatur Sipil Negara yang berkaitan dengan kecerdasan otak. Tesnya terdiri dari wacana (bacaan), silogisme, dan aritmatika. Selengkapnya silahkan baca kisi-kisinya berikut ini:
  1. Tes Kemampuan Verbal
  2. Tes Kemampuan Numerik
  3. Tes Kemampuan Figural
  4. Tes Kemampuan Berfikir Logis
  5. Tes Kemampuan Berfikir Analitis.

Kisi-Kisi Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Merujuk pada Permenpan No. 36 Tahun 2018, untuk Tes Karakteristik Pribadi passing gradenya paling tinggi bila dibandingkan TWK dan TIU yaitu minimal 143. Tidak ada jawaban yang salah, namun Anda harus memilih jawaban yang paling bagus diantaranya yang lainnya untuk mendapatkan nilai 5 pada masing-masing soal.

Tips mengerjakan Tes Karakteristik Pribadi, posisikan diri Anda sebagai pelayan publik. Jawabnya jangan pakai perasaan, namun lebih ke penalaran yang masuk akal. Berikut ini adalah Kisi-Kisi Tes Karakteristik Pribadi:
  1. Sosial Budaya
  2. Kreativitas dan Inovasi
  3. Profesionalisme
  4. Jejaring Kerja
  5.  Integritas Diri
  6. Semangat Berprestasi
  7. Kemampuan Menggerakkan dan Mengkoordinir Orang Lain
  8. Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok
  9. Pelayanan Publik
  10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  11. Orientasi Kepada Orang Lain
  12. Kemampuan Beradaptasi
  13. Kemampuan Mengendalikan Diri
  14. Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas
  15. Kemampuan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan
  16. Orientasi Pada Pelayanan.
Berdasarkan uraian kisi-kisi di atas ternyata ada perbedaan dengan CPNS tahun sebelumnya dimana pada Tes Intelegensi Umum ada yang namanya Tes Kemampuan Figural atau tes memahami logika gambar.

Informasi selengkapnya mengenai Kisi-Kisi Tes CPNS silahkan download Permenpan No. 36 Tahun 2018.

Kisi-Kisi Tes CPNS Sesuai Permenpan No. 36 Tahun 2018 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar