29.10.18

Kisi-Kisi Seleksi PPG Bimbingan Konseling Dalam Jabatan

Supaya bisa mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) harus lolos seleksi terlebih dahulu setelah itu baru mengikuti PPG sesuai bidang kompetensinya masing-masing seperti Bimbingan dan Konseling.

PPG Dalam Jabatan artinya PPG yang ditempuh saat menjabat sebagai guru, syarat mengikuti seleksi ini harus tergabung di komunitas Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) dan datanya telah terdaftar di dapodik.

Tidak semua pendaftar calon PPG diterima melainkan harus mengikuti seleksi sampai lulus. Bicara tentang PPG berikut ini ada kisi-kisi Seleksi PPG Dalam Jabatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Silahkan download kisi-kisi tersebut sebagai bahan acuan belajar karena soal-soal yang keluar dalam seleksi PPG BK nanti dikembangkan dari kisi-kisi. Untuk Bimbingan dan Konseling total ada 59 kompetensi inti, kompetensi keahlian, dan indikator sesensial.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi PPG BK nantinya akan mengikuti PPG di LPTK yang ditunjuk oleh pemerintah. Materinya lebih ke pendalaman yang diberikan pada saat kuliah sarjana dengan pembelajaran Workshop.

Akhir dari PPG semua peserta diwajibkan menyusun Penelitian Tindakan Bimbingan (PTBK) dan atau Penelitian Tindakan Konseling (PTK), kemudian ada ujian tulis nasional (UTN). Peserta PPG yang lolos UTN berhak membawa pulang sertifikat pendidik.

Kembali pada topik, silahkan download Kisi-Kisi Seleksi PPG BK Dalam Jabatan melalui link berikut ini.

Download [Google Drive]

Kisi-Kisi Seleksi PPG Bimbingan Konseling Dalam Jabatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar