2.9.18

Penulisan Autobiografi Dalam Bimbingan dan Konseling

Autobiografi dalam bimbingan dan konseling bisa dijadikan alat untuk mengumpulkan data mengenai diri pribadi masing-masing peserta didik. Kebanyakan orang lebih suka menceritakan dirinya melalui tulisan daripada kepada orang lain, karena alasan inilah autobiografi tepat untuk peserta didik.

Guru bimbingan dan konseling/ konselor dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat autobiografi dari sejak ia lahir sampai saat ini. Autobiografi yang baik harus ditulis secara runtut berdasarkan urutan peristiwa dari tahun-ketahun.

Autobiografi adalah karangan tentang riwayat diri sendiri yang ditulis oleh pribadi masing-masing penulis. Autobiografi berbeda dengan biografi karena menceritakan orang lain dari sudut pandang penulis.

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang riwayat kehidupan seseorang yang ditulis orang lain. Isi biografi lebih kompleks dan menyeluruh mulai dari tanggal lahir, tanggal kematian, data pekerjaan, dan cerita kehidupan tentang dirinya.

Tujuan Penulisan Autobiografi Bagi Peserta Didik/ Siswa

  1. Berlatih mengingat kembali riwayat kehidupan terdahulu
  2. Dapat mengenali diri sendiri secara menyeluruh dari kecil hingga sekarang
  3. Usaha mengenalkan diri kita kepada orang lain.

Tujuan Penulisan Autobiografi Bagi BK

Seperti yang telah dijelaskan di atas fungsinya sebagai alat untuk mengumpulkan data mengenai pribadi peserta didik. Melalui autobiografi inilah peserta didik dapat mengeksplor dirinya baik itu mengenai riwayat pendidikan, hubungan dengan keluarga, cita-cita, dan lain sebagainya.

Contoh Penulisan Autobiografi Singkat

Autobiografi
Aku adalah Indah Fatmawati, lahir di Bengkulu, 19 Desember 1996, sejak kecil aku tinggal di kota Bandung bersama Kakek dan Nenekku

Biografi
Dia adalah Indah Fatmawati, lahir di Bengkulu, 19 Desember 1996, sejak kecil ia tinggal di kota Bandung bersama kakek dan neneknya (Biografi).

Kerangka Penyusunan Autobiografi

  1. Keterangan tentang diri
  2. Saya dan keluarga
  3. Riwayat kesehatan
  4. Riwayat Pendidikan
  5. Hobi/ pengisian waktu luang
  6. Pribadi Saya
  7. Pekerjaan.
Tidak ada aturan baku dalam penulisan autobiografi, paling tidak minimal bisa mengungkap tentang dirinya penulis seperti pada kerangka di atas. Nantinya peserta didik dapat mengembangkan sendiri tidak harus sesuai kerangka di atas, semakin banyak malah bagus.

Berikut ini bimbingankonseling.web.id juga membagikan materi autobiografi dalam format file presentation (Power Point), selengkapnya silahkan download melalui link berikut ini.

Penulisan Autobiografi Dalam Bimbingan dan Konseling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar