1.8.18

Juknis Pelaksanaan Tata Tertib Siswa-Siswa SMK

Peserta didik terkadang mengeluh terhadap tata tertib yang terkesan mengatur kehidupan sehari-hari mereka di sekolah. Namun demikian sebenarnya tata tertib ini memiliki manfaat bagi Peserta didik maupun lingkungan sekitarnya.

Apabila dijalankan dengan konsisten maka tata tertib peserta didik akan memberikan manfaat, diantaranya adalah (1) melatih kedisiplinan; (2) melatih tanggungjawab; (3) mengefektifkan kegiatan; (4) melatih kejujuran; (5) menjaga kenyamanan lingkungan; (6) melatih kemandirian; (7) melatih keterampilan sosial, sofskills dan sebagainya. Fungsi budaya tertib Peserta didik secara individual dapat mengatur perilaku di sekolah menjadi lebih baik dan tertib.

Dengan disusunnya Tata Tertib Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat memberikan acuan pelaksanaan tata tertib disekolah sehingga mampu menyeimbangkan perbedaan antar sekolah dalam menterjemahkan dasar acuan tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah bukan hanya sekedar kelengkapan dari sekolah tetapi merupakan kebutuhan yang harus mendapatkan perhatian dari semu pihak yang terkait.

Pelaksanaan budaya tertib Peserta didik bisa berjalan optimal apabila tata tertib yang ada dikomunikasikan kepada peserta didik dan orangtua/wali peserta didik. Selanjutnya diperlukan adanya pengawasan dan tindakan yang konsisten apabila terjadi pelanggaran. Konsistensi penegakan tata tertib dengan baik akan membentuk peserta didik yang disiplin dan tanggungjawab sehingga akan menjadi generasi yang berkualitas dan memiliki karakter unggul.

Download Tata Tertib Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Juknis Pelaksanaan Tata Tertib Siswa-Siswa SMK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar