2.9.17

Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal

Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal adalah instrument yang terdiri dari beberapa pernyataan mengenai pelakasanaan layanan bimbingan klasikal. Yang menjadi objek penilaian adalah kelengkapan administrasi berupa Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) dan proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal.

Bimbingan Klasikal adalah pemberian layanan dengan bertatap muka langsung dengan para peserta didik yang ada di kelas. Metode yang digunakan adalah ceramah atau ekpositori, meskipun metode ini terlihat membosankan bagi peserta didik maka konselor dituntut kreatif dalam menyampaikan bimbingan supaya peserta didik tidak bosan. Caranya bisa memilih materi yang menarik dan dipadu penggunaan media BK seperti power point, audio dan video.

Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal
 Contoh Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal

Yang dinilai bukan hanya peserta didik saja, konselor sekolah juga perlu dinilai supaya profesionalitasnya tetap terjaga dan semakin meningkat. Salah satu objek penilaiannya adalah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal.

Yang berhak menilai atau yang wajib mengisi Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal adalah sesama konselor sekolah atau yang lebih tinggi keududukannya dan terpenting lagi menguasai ilmu bimbingan dan konseling.

Selain digunakan untuk menilai konselor sekolah, instrument ini juga bisa diaplikasikan kepada guru bimbingan konseling yang melakukan praktik dalam rangka menempuh pendidikan profesi guru (PPG) dan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG).

Download Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal:
Download via 4Shared
Download via Google Drive

Instrument Penilaian Layanan Bimbingan Klasikal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar