21.9.17

Aplikasi DCM Bimbingan dan Konseling Untuk SMP/ SMA/ SMK

Daftar cek masalah atau yang disingkat DCM adalah daftar berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan masalah yang diasumsikan biasa dialami oleh individu dalam tingkat perkembangan tertentu. DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami oleh individu, dengan merangsang atau memancing individu untuk pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialaminya.

Beberapa aspek yang berusaha diungkap lewat DCM adalah: Kesehatan, Keadaan Penghidupan/ Ekonomi, Rekreasi dan Hobi, Kehidupan Keluarga, Agama dan Moral, Kehidupan Sosial dan Keaktifan Berorganisasi, Hubungan Pribadi, Muda-Mudi, Penyesuaian Terhadap Sekolah, dan Masa Depan dan Cita-cita Pendidikan Jabatan.
Aplikasi DCM Bimbingan dan Konseling

Tujuan pengembangan aplikasi DCM adalah untuk mempermudahkan guru BK dalam mengidentifikasi permasalahan siswa secara menyeluruh untuk masing-masing individu. Kegunaan DCM bisa digunakan untuk menyusun program Bimbingan dan Konseling, dan ataupun untuk mengetahui permasalahan siswa.

Bila digunakan untuk assessmnet maka pelaksanaanya awal masuk sekolah atau akhir semester, kalau digunakan untuk mengidentifikasi pemasalahan bisa dilaksanakan pertengahan semester. Aplikais ini dikembangkan oleh sesama konselor yang peduli terhadap perkembangan BK khususnya aplikasi.

Menu utama dalam aplikasi DCM Bimbingan dan Konseling
1. Petunjuk Operasional
2. Soal DCMTabulasi Hasil
3. Profil Individu
4. Profil Kelas
5. Analisi Per Butir Soal
6. Analisis Topi Perkelas
7. Analisis Pertopik
8. dan Lembar Jawaban DCM.

Aplikasi Daftar Cek Masalah DCM ini dikembangkan untuk pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/ SMK). Bila Anda mebutuhkan aplikasi ini silahkan download pada link beriku ini.

Download Aplikasi DCM Versi A
Download Aplikasi DCM Versi B
Download Panduan Penggunaan Aplikasi DCM.

Aplikasi DCM Bimbingan dan Konseling Untuk SMP/ SMA/ SMK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar