Tugas Perkembangan Peserta Didik/ Konseli di SD, SMP, SMA, SMK
Tugas perkembangan adalah serangkaian tugas yang harus diselesaikan peserta didik/ konseli pada periode kehidupan/ fase perkembangan tertentu. Tugas perkembangan bersumber dari kematangan fisik, kematangan psikis, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai serta aspirasi individu. Keberhasilan peserta didik/ konseli menyelesaikan tugas perkembangan membuat mereka bahagia dan akan menjadi modal bagi penyelesaian tugastugas perkembangan fase berikutnya.
Sebaliknya, kegagalan peserta didik/ konseli menyelesaikan tugas perkembangan membuat mereka kecewa dan atau diremehkan orang lain. Kegagalan ini akan menyulitkan/menghambat peserta didik/konseli menyelesaikan tugas-tugas perkembangan fase berikutnya. Tugas perkembangan merupakan salah satu aspek yang harus dipahami guru bimbingan dan konseling atau konselor karena pencapaian tugas perkembangan merupakan sasaran layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu bentuk fasilitasi peserta didik/ konseli mencapai tugas-tugas perkembangan.
10 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli Sekolah Dasar adalah:
1. Memiliki kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengembangkan ketrampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
3. Mengembangkan kata hati, moral, dan dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku;
4. Mempelajari keterampilan fisik sederhana
5. Belajar bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya
6. Belajar menjadi pribadi yang mandiri dan dapat mengendalikan diri
7. Membangun hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
8. Mengembangkan konsep-konsep hidup yang perlu dalam kehidupan
9. Belajar menjalani peran sosial sesuai dengan jenis kelamin
10. Memilih sikap hidup terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial (Kartadinata dkk., 2002).
10 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli SMP adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, danumat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya.
11 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli SMA meliputi:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara
emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat;
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
Sumber:
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Dasar (SD)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK)
Sebaliknya, kegagalan peserta didik/ konseli menyelesaikan tugas perkembangan membuat mereka kecewa dan atau diremehkan orang lain. Kegagalan ini akan menyulitkan/menghambat peserta didik/konseli menyelesaikan tugas-tugas perkembangan fase berikutnya. Tugas perkembangan merupakan salah satu aspek yang harus dipahami guru bimbingan dan konseling atau konselor karena pencapaian tugas perkembangan merupakan sasaran layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu bentuk fasilitasi peserta didik/ konseli mencapai tugas-tugas perkembangan.
10 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli Sekolah Dasar adalah:
1. Memiliki kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengembangkan ketrampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
3. Mengembangkan kata hati, moral, dan dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku;
4. Mempelajari keterampilan fisik sederhana
5. Belajar bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya
6. Belajar menjadi pribadi yang mandiri dan dapat mengendalikan diri
7. Membangun hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
8. Mengembangkan konsep-konsep hidup yang perlu dalam kehidupan
9. Belajar menjalani peran sosial sesuai dengan jenis kelamin
10. Memilih sikap hidup terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial (Kartadinata dkk., 2002).
10 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli SMP adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, danumat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya.
11 Tugas-tugas perkembangan peserta didik/ konseli SMA meliputi:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara
emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat;
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
11 Tugastugas perkembangan peserta didik/ konseli SMK adalah:
1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/ atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
8. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan
11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri menikah dan hidup berkeluarga.
Sumber:
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Dasar (SD)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Panduan Operasional Penyelenggaraan (POP) BK di Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK)
Post a Comment for "Tugas Perkembangan Peserta Didik/ Konseli di SD, SMP, SMA, SMK"