15.6.17

SKKPD SMP (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik - Sekolah Menengah Pertama)

Dalam dunia Bimbingan dan Konseling dikenal dengan yang namanya SKKPD (Standar Kemandirian Peserta Didik). Tapi sayangnya masih banyak guru/ konselor sekolah yang belum tahu tentang SKKPD. Padahal untuk menyusun program BK yang baik harus mengaku pada need assessment dan SKKPD.

Untuk sekolah menengah pertama (SMP), tujuan perkembangan yang harus dicapai ada 10 diantaranya adalah: Standar kompetensi peserta didik untuk sekolah dasar memuat 10 aspek perkembangan yang harus dicapai peserta didik diantaranya adalah: 1. Landasan hidup religius, 2. Landasan perilaku etis, 3. Kematangan emosi, 4. Kematangan intelektual, 5. Kesadaran, 6. Kesadaran gender, 7. Pengembangan diri, 8. Perilaku kewirausaan, 9. Wawasan dan kesiapan karirer, serta, 10. Kematangan hubungan dengan teman sebaya.

Dalam konteks pembelajaran Standar Kompetensi ini disebut Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sementara dalam konteks Bimbingan dan Konseling Standar Kompetensi ini dikenal dengan istilah Standar Kompetensi Kemandirian (SKK), yang di dalamnya mencakup sepuluh aspek perkembangan individu (SD dan SMP).

Pengertian SKKPD
Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik atau yang disingkat SKKPD adalah standar kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik mulai tingkat dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi.
SKKPD SMP (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik - Sekolah Menengah Pertama)
 Download SKKPD SMP [4Shared]
Download SKKPD SMP [Google Drive]

SKKPD SMP (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik - Sekolah Menengah Pertama) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tera Byte

0 comments:

Posting Komentar